RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Taliwang
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/TGB, TKJ, TKR
Alokasi Waktu : 6
x 45 menit (4 kali pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara Level Novice
B.
Kompetensi
Dasar
1.1. Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada
interaksi social untuk kepentingan kehidupan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Mengucapkan
salam pada saat bertemu dan berpisah secara tepat
2. Memperkenalkan
diri sendiri dan orang lain secara tepat
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
I.
Kemampuan siswa yang diharapkan:
1. Menggunakan
ungkapan untuk memberikan ucapan salam (greeting) pada saat bertemu dan
berpisah secara tepat
2. Menggunakan
ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dengan
tepat
3. Memperagakan
berbagai ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri sendiri dan orang
lain dengan tepat
II. Kararkter siswa yang diharapkan:
A. Percaya
diri
B. Kerja
sama
C. Kejujuran
D. Kesantunan
E.
Materi pembelajaran
1.
Greeting and leaving expression
2.
Introduction expression
F. Metode
pembelajaran
Ceramah, tanya jawab,
diskusi, tugas kelompok dan tugas individual
G. Kegiatan Pembelajaran
I.
kegiatan pendahuluan
1. Guru
memberikan pretest berkaian dengan materi yang akan dipelajari
2. Guru
memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas
II. kegiatan
inti
1. Eksplorasi
·
Guru menjelaskan mengenai berbagai
ungkapan yang digunakan untuk menyapa, serta perkenalkan diri sendiri dan orang
lain
·
Guru memberikan sedikit contoh tentang
ungkapan yang digunakan ketika menyapa serta memperkenalkan diri dan orang lain
2. Elaborasi
·
Siswa mendengarkan sebuah monolog teks
dan melengkapi kata-kata yang hilang dalam teks monolog tersebut
·
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
terkait dengan monolog teks yang didengarnya
·
Siswa diminta secara bergiliran
mempraktikan teks tersebut di depan kelas
·
Siswa membaca beberapa bacaan dari dalam
LKS
·
Siswa menjawab beberapa pertanyaan
terkait dengan isi bacaan yang dibacanya.
3. Konfirmasi
·
Guru mengevaluasi semua kegiatan siswa
pada pertemuan kali ini
III. kegiatan
penutup
1. Guru
bersama siswa membuat simpulan hasil belajar
2. Guru
memberikan posttest untuk mengetahui
daya serap siswa terhadap materi yang baru saja dipelajari
3. Guru
memberikn tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
H.
Sumber
Belajar
1. Buku
Bahasa Inggris SMK Kelas X
2. Referensi
lain yang relevan
I.
Penilaian
Hasil Belajar
ü Teknik :
Tugas Individu atau Kelompok
ü Bentuk
Instrumen : Uraian Singkat
ü Instrumen : Tertulis
Mengetahui, Taliwang, Juli 2015
Kepala SMK N 1 Taliwang Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Fahruddin Yasin ZA Lalu
Surya Adi Saputra , S.Pd
NIP.
19600915 198503 1 021 NIP. 19740419
200604 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar